Beranda | Artikel
Luasnya Ampunan Allah, Keutamaan dan Cara Mendapatkannya
Rabu, 29 Mei 2024

DAFTAR ISI.
Muqadimah

  1. Ayat-Ayat yang Berkaitan Dengan Taubat
  2. Pengertian Taubat Nashuha
  3. Wajibnya Taubat Nashuha
  4. Setiap Anak Adam Alaihissallam Pasti Bersalah
  5. Anjuran Untuk Melakukan Taubat Nashuha
  6. Luasnya Rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala
  7. Keutamaan-Keutamaan Taubat Nashuha (1/5)
  8. Syarat-Syarat Taubat Nashuha (1/7)
  9. Jujur Dalam Taubat
  10. Perkara-Perkara yang Harus Diingat Sebelum Bertaubat
  11. Perkara-Perkara yang Wajib Dihindari
  12. Perkara-Perkara yang Menghalangi Taubat
  13. Para Nabi dan Rasul Bertaubat Kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala

Penutup

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Taubat adalah yang pertama kali dan terakhir kali yang harus dilakukan seorang hamba, kebutuhan dia terhadap taubat di akhir hayatnya sangatlah penting seperti kebutuhan dia kepada taubat saat akan meng-awali kehidupannya.

Taubat selalu diawali dengan penyesalan akan dosa yang kemudian melahirkan keinginan kuat untuk tidak mengulanginya lagi, bermaksud memperbaiki diri, dan mengetahui bahwa perbuatan maksiat adalah penghalang antara manusia dengan Rabb-nya, sehingga kesadaran ini akan mengantarkan dia kepada kesuksesan dan keselamatan dan tidak ada tempat kesela-matan dari (siksa) Allah kecuali kepada-Nya. Dan dari perasaan khauf (takut) dan raja’ (berharap) dia mengeluarkan taubat yang nashuh. Inilah jalan orang-orang mukmin yang bertaubat. Ya Allah, jadikanlah kami bagian dari mereka.

Risalah yang saat ini berada di tangan Anda wahai saudaraku di jalan Allah, akan membawa Anda menuju kemuliaan Dzat Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang, sehingga jelas dan nampaklah bagi Anda hakikat dari taubat yang nashuha (taubat yang bersih dan jujur). Dan Anda pun akan termasuk menjadi orang-orang yang bertaubat dan bersuci.

[Disalin dari buku Luasnya Ampunan Allah, Keutamaan Sebab dan Cara Mendapatkannya”  Terjemahan dari kitab at-Taubah an-Nashuuh fii Dhau-il Qur-aan al-Kariim wal Ahaa-diits ash-Shahiihah, Ditulis oleh Syaikh Salim bin ‘Ied al-Hilali hafizhahullaah, Penerjemah Ruslan Nurhadi, Lc. Penerbit Pustaka Ibnu Katsir]


Artikel asli: https://almanhaj.or.id/109286-luasnya-ampunan-allah-keutamaan-dan-cara-mendapatkannya.html